Minggu, 05 April 2009

Belajar XI: Pengertian Kohesi Dan Koherensi Dalam Perihal Beserta Contoh

Pengertian Kohesi dan Koherensi Dalam Wacana Beserta Contoh - Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat bahan mengenai kohesi dan koherensi. Secara teori pengertian kohesi dan pengertian koherensi berbeda satu sama lain. Selain itu letak perbedaannya juga terdapat pada contoh kohesi maupun contoh koherensi. Namun sebagian orang masih berpendaat bahwa kohesi dan koherensi tersebut sama , jikalau ditinjau dalam wacana mulut ataupun tulisan. Wacana yakni rangkaian kalimat yang bekerjasama dengan perposisi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk satu kesatuan. Wacana tersebut sanggup berupa adegan , peristiwa , situasi , waktu , tempat , pendengar , sarana , pembicara , topik , kode , maupun bentuk amanat.
Pengertian Kohesi dan Koherensi Dalam Wacana Beserta Contoh Pengertian Kohesi dan Koherensi Dalam Wacana Beserta Contoh
Apa sesungguhnya kohesi itu? Apa itu Koherensi? Bagaimana bentuk contoh Kohesi? Bagaimana bentuk contoh Koherensi? Nah kali ini saya akan menjelaskan ihwal pengertian kohesi , pengertian koherensi , contoh kohesi dan contoh koherensi dalam wacana. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Kohesi dan Koherensi Dalam Wacana Beserta Contoh

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa wacana merupakan serangkaian kalimat yang bekerjasama dengan perposisi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk satu kesatuan. Dalam wacana tersebut terdapat dua unsur penting yang berkhasiat untuk menjaga kekompakan dan keutuhan dari wacana itu sendiri. Unsur penting dalam wacana ini yakni kohesi dan koherensi. Kohesi mempunyai sifat yang gramatikal , sedangkan koherensi mempunyai sifat yang maknawi atau semantis. Di bawah ini terdapat klarifikasi mengenai pengertian kohesi , pengertian koherensi , contoh kohesi dan contoh koherensi dalam wacana. Berikut klarifikasi selengkapnya:
Baca juga : pengertian-majas-sinekdoke-beserta" target="_blank">Pengertian Majas Sinekdoke Beserta Contoh (Pars Pro Toto dan Totem Pro Parie)

Kohesi

Salah satu unsur penting dalam wacana yakni kohesi. Pengertian kohesi yakni keserasian kekerabatan antar posisi dalam menyatakan unsur unsur semantik dan gramatikal secara eksplisit dalam kalimat kalimat wacana. Keserasian tersebut menciptakan sebuah wacana bersifat kohesif. Pembentukan kohesi berasal dari alat bahasa yang berjulukan "Pemarkah Kohesi (Cohesive Marker)" , menyerupai kata yang diulang , pronomina (kata ganti) , konjungsi (kata sambung) , dan demonstrative (kata tunjuk). Berdasarkan pemarkah bahasanya , kohesi sanggup dibagi menjadi dua jenis yaitu:

Kohesi Gramatikal
Pengertian kohesi gramatikal yakni kekerabatan yang terjadi antar unsur semantis yang ditandai dengan alat bahasa gramatikal dalam penyusunan tata bahasa. Wujud dari kohesi gramatikal sanggup berupa penghubungan (konjungsi) , pengacuan (referensi) , pelesapan (elipsis) , maupun penyulihan (substitusi).

Kohesi Leksikal
Pengertian kohesi leksikan yakni kekerabatan antar bab dalam wacana yang terjadi secara leksikal sehingga terdapat keserasian struktur secara kohesif. Wujud kohesi leksikal sanggup berupa lawan kata (antonim) , persamaan kata (sinonim) , pengulangan (repetisi) , metonimi maupun hiponimi.

Selain pengertian kohesi dan jenis kohesi diatas , saya juga akan membagikan contoh kohesi dalam wacana. Berikut contohnya:
Sebulan lamanya Sarah dan Nia berlibur kerumah neneknya. Sarah dan Nia banyak mendapat gosip gres ihwal tanaman padi untuk menyempurnakan kiprah laporan tamat kuliahnya. Informasi tersebut yakni tanaman padi sanggup ditanam diladang yang kadar airnya sedikit. Misalnya daerah penduduk banyak menanam padi diladang dengan kadar air yang sedikit. Padi tersebut berjulukan tanaman padi Gogo. Selain itu , mereka juga mengambil gambar terkait perkembangan tanaman padi untuk laporan suplemen dalam tugasnya.
Baca juga : pengertian-majas-sinekdoke-beserta" target="_blank">Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Beserta Contoh
Dalam wacana di atas terdapat kata ganti "mereka" yang mengarah pada Sarah dan Nia. Maka dari itu wacana diatas bersifat kohesif. Jika kata gantinya bermetamorfosis ia maka wacana tersebut tidak bersifat kohesif. Hal ini dikarenakan kata ia tidak terang mengacu pada Sarah ataupun Nia.

Koherensi

Pengertian koherensi yakni pengaturan gagasan , ide , fakta dan kenyataan biar lebih rapi menjadi serangkaian yang logis sehingga kandungan pesan didalamnya lebih gampang dipahami. Antar bab yang satu dengan yang lain dalam wacana dihubungkan oleh koherensi biar menjadi satu kesatuan makna yang utuh. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak contoh koherensi dibawah ini:

Pak Joni ingin menanam jagung di ladangnya. Ladang Pak Joni sangat luas. Pak Joni lebih menentukan menanam jagung alasannya tanaman tersebut mempunyai nilai jual yang tinggi. Tumbuhan jagungnya sanggup dijual untuk pakan ternak , menyerupai sapi. Disamping itu , jagung sanggup dimanfaatkan sebagai pengganti masakan pokok menyerupai nasi.

Dalam wacana di atas terdapat koherensi alasannya kalimat kalimat didalamnya mempunyai satu kesatuan makna yang utuh.

Sekian klarifikasi mengenai pengertian kohesi , pengertian koherensi , contoh kohesi dan contoh koherensi dalam wacana. Kohesi mempunyai sifat yang gramatikal , sedangkan koherensi mempunyai sifat yang maknawi atau semantis. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Sumber https://ohninan.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar