Jumat, 03 April 2009

Belajar XI: Cara Menciptakan Esai Yang Baik Dan Benar Beserta Contoh

Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh - Esai merupakan salah satu karya tulis yang berisi pembahasan dilema yang dikupas sedalam dalamnya oleh penulis yang disertai dengan pendapat orang lain. Selain itu esai juga sering menjadi kiprah para mahasiswa yang sedang kuliah. Terkadang cara menciptakan esai yang baik dan benar tidaklah sulit. Bahkan kita sanggup melihat pola contoh esai melalui media online. Dengan begitu kita mempunyai citra bagaimana bentuk esai tersebut.
Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh
Pada dasarnya menciptakan esai tidaklah sulit. Anda hanya perlu menerapkan cara menciptakan esai yang baik dan benar , serta mengandung isi yang berkualitas. Nah kali ini saya akan menjelaskan perihal cara menciptakan esai yang baik dan benar beserta pola esainya. Langsung saja sanggup anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh

Dibawah ini terdapat beberapa cara menciptakan esai yang baik dan benar. Saya juga akan menyertakan pola esai semoga anda lebih memahami bagaimana membuatnya menjadi cantik dan berkualitas. Berikut penjelasannya.
Menentukan Tema Esai
Cara menciptakan esai yang baik dan benar pertama ialah menentukan tema dari esai. Cara ini merupakan langkah utama sebelum menciptakan esai. Tema akan kuat terhadap isi dari esai yang anda buat. Penentuan tema ini sanggup memudahkan anda dalam menulis apa saja yang terkandung didalam isi. Selain itu tema sanggup dipakai untuk menghindari ketidak selarasan antara klarifikasi awal dengan klarifikasi lainnya.

Cara menentukan tema pada esai cukup mudah. Pilihlah tema yang sedang menjadi perbincangan masyarakat. Dengan begitu pembaca akan tertarik untuk membaca esai anda.

Research Esai
Cara menciptakan esai yang baik dan benar selanjutnya ialah melaksanakan research terhadap esai tersebut. Pencarian ini dilakukan untuk menciptakan esai menjadi lebih berkualitas serta faktual. Pelaksanaan research tersebut sanggup melalui buku yang bekerjasama dengan tema maupun melalui media internet. 

Dalam esai tersebut memang disertai dengan banyak sekali pendapat , tetapi alangkah baiknya kalau pendapat tersebut berupa opini umum atau citra yang berdasar. Dengan begitu tidak ada kejanggalan pendapat antar pembaca.

Buat Outline Esai
Cara menciptakan esai yang baik dan benar selanjutnya ialah menciptakan outline esai. Outline (kerangka) merupakan langkah terpenting dalam penulisan esai. Dengan menciptakan kerangka tersebut , maka anda akan diberi fasilitas dalam membuatnya.

Pembuatan outline juga sanggup dipakai untuk menciptakan esai menjadi lebih rapi dan tersusun dengan baik. Didalam kerangka esai terdapat susunan wangsit yang akan dikaitkan dengan isi esai tersebut. Pada dasarnya pembuatan outline pada esai bertujuan untuk menciptakan isinya lebih koherence dan logis.

Pemilihan Kata Yang Tepat
Cara menciptakan esai yang baik dan benar selanjutnya ialah menentukan kata kata yang tepat. Biasanya para siswa/mahasiswa sering memakai kata kata yang tidak sesuai. Kesalahan ini terjadi alasannya ialah kurangnya sistem komunikasi antar penulis.
Pada umumnya pemilihan kata pada esai diubahsuaikan dengan isi dan calon pembacanya. Jika esai tersebut bertemakan pendidikan , maka informasinya bersifat formal dan bahasanya baku. Sedangkan untuk esai yang sifatnya non formal maka sanggup memakai bahasa yang santai dan sopan.

Kerjakan Esai
Cara menciptakan esai yang baik dan benar selanjutnya ialah mengerjakan esai tersebut. Jika tema , kerangka dan pemilihan kata sudah selesai , kemudian dilanjutkan dengan tahap pengerjakan. Tulislah esai yang ingin anda sampaikan untuk pembaca. Selain itu anda juga harus memperhatikan pengaturan layout dan jenis font yang digunakan. Kedua hal ini dilakukan untuk menciptakan keindahan esai.

Setelah itu kata demi kata , kalimat demi kalimat dirangkai dengan baik semoga menjadi esai yang cantik dan berkualitas. Maka dari itu anda dituntut untuk memakai bahasa yang tepat. Anda juga harus memperhatikan susunan kata dan kalimatnya. Jangan memaksakan kalimat yang nantinya akan menciptakan isi esai keluar dari tema awal. Cara menciptakan esai yang baik dan benar sanggup dilakukan dengan urutan bab penulisan yang baik. Berikut bab penggalan penulisan esainya:
  1. Pendahuluan yakni bab pertama pada esai yang berisi citra secara umum mengenai apa yang akan anda bahas pada isi esai.
  2. Isi merupakan bab esai yang berisi pembahasan masalah. Isi esai tersebut sanggup ditulis dengan bentuk point point per paragraf semoga pembaca sanggup menangkap maksud yang ingin disampaikan penulis.
  3. Penutup merupakan bab terakhir esai. Penutup ini berisi kesimpulan apa yang penulis bahas.
Ketiga bab esai ini saling bekerjasama satu sama lain. Dengan begitu tema dan isi dari esai tersebut koherence.

Judul
Cara menciptakan esai yang baik dan benar selanjutnya ialah menulis judul esainya. Judul ini merupakan hal penting dalam esai alasannya ialah sangat kuat terhadap minat pembaca. Judul ini sanggup ditulis dengan berlebihan atau mendramatisir semoga lebih menarik. Dengan begitu pembaca akan ingin tau dan tertarik untuk membacanya.

Contoh Esai Yang Baik dan Benar

Agar anda lebih memahami cara menciptakan esai yang baik dan benar , saya akan menyertakan pola esai yang baik dan benar. Berikut contohnya:

Pemimpin Segala Organisasi
Sebuah pemimpin sanggup dikatakan sebagai titik sentral. Hal ini dikarenakan kalau sebuah organisasi tidak mempunyai pemimpin maka tidak sanggup berjalan sesuai harapan. Bahkan sebuah organisasi sanggup berhenti kalau tidak disertai leadership dan kepempinan yang sanggup diandalkan. Hal ini dikarenakan tidak ada pemimpin yang sanggup mengatasi dilema masalah yang timbul , meski dilema sepele sekalipun.

Sebuah organisasi niscaya mempunyai struktur kepemimpinan yang baik menyerupai bab sesksi jabatan dan lain sebagainya. Kepemimpunan yang menjadi titik sentral tersebut sanggup menjalankan dan menggerakan jabatan jabatan yang berada dibawahnya.

Bahkan gaya dalam memimpin sebuah organisasi sanggup mempengaruhi misi dan visi dari organissi tersebut. Gaya kepemimpinan tersebut berbeda beda alasannya ialah bentuknya beraneka ragam. Tetapi gaya kemepimpinan ini sanggup dipengaruhi oleh cara didik pimpinan dan kepripadian pimpinan tersebut. Untuk jenis pimpinan yang dididik secara moderan akan mempunyai gaya kepemimpinan yang lebih demokratis dan moderat. Maka dari itu sang pemimpin akan mempunyai perilaku terbuka dan gampang berbicara dengan siapa saja.
Untuk pemimpin yang dididik dengan cara militer atau hukum , akan mempunyai gaya kempemimpinan yang tegas dan kaku dalam mengambil kebijakan. Selain itu adapula pemimpin yang dididik dengan cara businessman. Pemimpin tersebut akan mempunyai kalkulasi dan perhitungan yang baik dalam memimpin sebuah organisasi. Contohnya para politisi di Korea Selatan.

Setiap cara mendidik pemimpin diatas mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing dalam memimpin. Selain itu juga dipengaruhi oleh bawahan yang dipimpin , apakah siap atau tidak memakai gaya kepemimpinan tersebut. Semua hal yang terdapat dalam organisasi itu saling berkaitan mulai dari pemimpin hingga bawahannya.

Demikianlah klarifikasi mengenai cara menciptakan esai yang baik dan benar beserta pola esainya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Sumber https://ohninan.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar