Jumat, 03 April 2009

Belajar XI: Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Pola Lengkap

Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap - Kalimat ialah serangkaian kata yang sanggup bangun sendiri dan sanggup dihubungkan menjadi satu hingga membentuk sebuah makna tertentu. Kalimat dalam Bahasa Indonesia sanggup dibagi menjadi beberapa jenis menyerupai kalimat majemuk , kalimat sumbang (tidak padu) , dan sebagainya. Salah satu jenis kalimat yang sering dipakai sebagai soal soal ujian dikala masih dibangku sekolah ialah kalimat sumbang atau kalimat tidak padu. Jenis kalimat ini merupakan kalimat yang salah satunya tidak berkaitan dengan kalimat utama. Lalu bagaimana cara menemukan kalimat sumbang? Nah kali ini saya akan membahas mengenai pengertian kalimat sumbang beserta pola kalimat sumbang. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.
Kalimat ialah serangkaian kata yang sanggup bangun sendiri dan sanggup dihubungkan menjadi sa Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap

pengertian-kalimat-sumbang-tidak-padu" target="_blank">Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap

Dalam pembahasan ini , saya akan jelaskan menjadi dua sub hidangan yakni pengertian kalimat sumbang dan pola kalimat sumbang. Untuk pengertian kalimat sumbang tersebut berisi ciri ciri kalimat sumbang dan cara menemukan kalimatnya. Berikut ulasan selengkapnya:
Baca juga: pengertian-kalimat-sumbang-tidak-padu" target="_blank">Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh , Struktur , Alur dan Tema)

Pengertian Kalimat Sumbang

Pengertian kalimat sumbang secara singkat ialah jenis kalimat yang tidak berkaitan dengan gagasan utama atau keluar dari topik pembicaraan. Adapula pengertian kalimat sumbang berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu kalimat yang bertolak belakang dan tidak mendukung kalimat utamanya. Kalimat sumbang sanggup disebut sebagai kalimat tidak padu. Hal ini dikarenakan dalam menuangkan ide/gagasan terdapat kesalah pahaman penulisan sehingga menciptakan kalimatnya terdengar rancu (tidak jelas). Untuk membedakannya dengan kalimat lain , kalimat sumbang mempunyai ciri ciri kalimatnya sendiri. Sebelum beranjak menuju pola kalimat sumbang atau pola kalimat tidak padu , silahkan simak ciri ciri kalimat sumbang dibawah ini:
  1. Kalimatnya bertolak belakang dengan gagasan utama yang ingin disampaikan penulis. Maka dari itu , anda sanggup menemukannya dengan gampang jikalau teliti.
  2. Kalimatnya tidak hanya bertolak belakang tetapi juga tidak nyambung dengan kalimat kalimat sebelumnya.
  3. Kalimatnya keluar dari kalimat inti dalam paragraf.
Dalam pengertian kalimat sumbang ini , saya juga akan membagikan beberapa cara menemukan kalimat sumbang dengan mudah. Berikut cara menemukan kalimat sumbang :
  • Langkah pertama ialah membaca paragraf secara menyeluruh. Setelah itu carilah kalimat  utama dan kalimat penjelasnya.
  • Jika anda sudah menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas , perhatikan satu persatu kalimat kalimatnya apakah saling berkaitan/berhubungan satu sama lain. Contohnya kalimat  utamanya tidak sesuai dengan kalimat penjelasnya ataupun sebaliknya. Jika terdapat kalimat yang keluar dari topik pembicaraa (kalimat inti) maka kalimat tersebut sanggup dikategorikan sebagai kalimat tidak padu (sumbang).
  • Untuk memastikannya lagi , maka baca ulang paragraf tersebut.

Contoh Kalimat Sumbang

Dibawah ini terdapat beberapa pola kalimat sumbang yang telah saya sajikan untuk anda.

Contoh 1
Desaku mempunyai alam yang asri dan nyaman (1). Disekeliling kampungpun udaranya sangat sejuk dan segar , bahkan tidak ada polusi sedikitpun (2). Disetiap rumah dan jalan juga masih ada pepohonan yang hijau dan rindang (3). Orang orang sedang lelap tertidur (4). Selain asri , desaku juga permai sebab masih terdapat sawah hijau yang terbentang luas (5). Keindahan desaku tidak hanya itu sebab desaku seolah olah diselimuti permadani emas dikala panen tiba (6). Apalagi didesaku juga terdapat sungai yang jernih dan terawat sehingga menambah kenyamanan disini (7).
Baca juga : pengertian-kalimat-sumbang-tidak-padu" target="_blank">Pengertian Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Beserta Contoh
Berdasarkan pola kalimat sumbang diatas sanggup kita temukan kalimat utamanya yaitu "Desaku mempunyai alam yang asri dan nyaman". Kemudian kalimat penjelasnya ialah kalimat nomor 2 , 3 , 5 , 6 , dan 7. Untuk kalimat nomor 4 termasuk kalimat sumbang sebab keluar dari kalimat inti.

Kalimat nomor 4 ialah "Orang orang sedang lelap tertidur". Hal ini tentunya tidak berkaitan dengan kalimat utama , maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tidak padu.

Contoh 2
Olahraga ialah kunci kesehatan badan (1). Dengan berolahraga , metabolisme dalam badan akan meningkat dan bekerja dengan baik sehingga absorpsi zat masakan sanggup berjalan dengan maksimal (2). Nutrisi masakan yang telah terserap akan bermanfaat untuk organ organ dalam badan kita (3). Apabila organ organ badan kita bekerja dengan baik maka sanggup menciptakan badan lebih sehat dan jauh dari aneka macam penyakit (4). Maka dari itu olahraga cukup menyenangkan untuk dilakukan (5).

Berdasarkan pola kalimat sumbang diatas sanggup kita temukan kalimat utamanya yaitu "Olahraga ialah kunci kesehatan tubuh". Kemudian kalimat penjelasnya ialah kalimat nomor 2 , 3 , dan 4. Untuk kalimat nomor 5 termasuk kalimat sumbang sebab keluar dari kalimat inti.
Baca juga : pengertian-kalimat-sumbang-tidak-padu" target="_blank">Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi
Kalimat nomor 5 ialah "Maka dari itu olahraga cukup menyenangkap untuk dilakukan". Hal ini tentunya tidak berkaitan dengan kalimat utama , maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tidak padu.

Contoh 3
Melinda ialah murid yang cerdik dan rajin disekolah (1). Ia selalu tiba pagi untuk membersihkan kelasnya (2). Selain itu , Melinda juga tidak pernah lupa untuk mengerjakan kiprah tugas sekolahnya (3). Apalagi Melinda selalu mendapat ranking 1 dikelasnya (4). Melinda mempunyai hobi memasak (5). Melinda tidak hanya cerdik dalam pelajaran akademisnya tetapi dalam bidang non akademis menyerupai olahraga (6).

Berdasarkan pola kalimat sumbang diatas sanggup kita temukan kalimat utamanya yaitu "Melinda ialah murid yang cerdik dan rajin disekolah". Kemudian kalimat penjelasnya ialah kalimat nomor 2 , 3 , 4 , dan 6. Untuk kalimat nomor 5 termasuk kalimat sumbang sebab keluar dari kalimat inti.

Kalimat nomor 5 ialah "Melinda mempunyai hobi memasak". Hal ini tentunya tidak berkaitan dengan kalimat utama , maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tidak padu.

Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian kalimat sumbang lengkap dengan pola kalimat sumbang. Dalam menemukan kalimat tersebut membutukan ketelitian dan ketepatan dalam memahami paragrafnya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Sumber https://ohninan.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar