Sabtu, 04 April 2009

Belajar XI: Pengertian Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas Beserta Contoh

Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Beserta Contoh - Kalimat adalah penggalan terpenting dalam paragraf. Paragraf yang baik tentunya mempunyai dua jenis kalimat lantaran memaparkan maksud dan tujuan paragraf tersebut di buat. Jenis kalimat yang harus ada dalam paragraf adalah kalimat utama dan kalimat penjelas. Kedua kalimat ini mempunyai pengertian kalimat utama dan pengertian kalimat penjelas yang berbeda. Bahkan dalam pola kalimat utama dan pola kalimat penjelas mempunyai letak yang berbeda pula. Untuk kalimat utama dalam paragraf hanya terdapat satu penggalan saja. Sedangkan kalimat penjelas dalam paragraf merupakan pendukung dari kalmat utama.
Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Beserta Contoh Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Beserta Contoh
Apa itu kalimat utama? Apa itu kalimat penjelas? Bagaimana kedua kalimat tersebut sanggup membentuk paragraf? Kali ini saya akan menjelaskan wacana pengertian kalimat utama , pola kalimat utama , pengertian kalimat penjelas , dan pola kalimat penjelas. Langsung saja sanggup anda simak di bawah ini.

pengertian-kalimat-utama-dan-kalimat" target="_blank">Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Beserta Contoh

Dalam pembahasan ini akan saya bagi menjadi dua sub sajian yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas. Setiap sub sajian akan meliputi pengertian kalimat utama , pola kalimat utama , pengertian kalimat penjelas , maupun pola kalimat penjelas.
Baca juga : pengertian-kalimat-utama-dan-kalimat" target="_blank">Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Kalimat Utama

Pengertian kalimat utama (kalimat topik) adalah jenis kalimat yang didalamnya terdapat gagasan suatu topik yang akan dibahas dalam paragraf. Kalimat utama dijadikan sebagai rujukan dalam membuatkan sebuah paragraf. 

Letak dari kalimat utama tidak hanya dibagian awal paragraf. Melainkan sanggup terletak dibagian selesai paragraf maupun dibagian tengah paragraf. Kalimat utama sering disebut sebagai kalimat topik. Dalam pengertian kalimat utama ini juga meliputi ciri ciri kalimatnya. Berikut ciri ciri kalimat utama:
  1. Mengandung problem yang sanggup dikembangkan lagi menjadi lebih rinci.
  2. Merupakan jenis kalimat yang sanggup bangun sendiri (kalimat utuh). Sehingga tidak memerlukan penghubung , baik antar intra kalimat maupun antar kalimat.
  3. Umumnya terletak di penggalan awal paragraf. Namun untuk jenis paragraf indukif , letak kalimat utama berada di selesai paragraf. Biasanya memakai kata menyerupai Jadi... , Sebagai kesimpulan... , Dengan demikian.... 
  4. Kalimat utama mempunyai makna yang terang tanpa dikaitkan dengan kalimat lain.

Kalimat Penjelas

Pengertian kalimat penjelas adalah jenis kalimat yang didalamnya terdapat uraian , rincian detail dan klarifikasi mengenai kalimat utama dalam paragraf. Untuk membedakannya dengan jenis kalimat lain , kalimat penjelas mempunyai ciri ciri kalimatnya sendiri. Berikut ciri ciri kalimat penjelas:
  1. Merupakan kalimat pendukung dari kalimat utama yang memaparkan contoh , alasan , deskripsi , klarifikasi dan perbandingan topik yang sedang dibahas.
  2. Kalimatnya tidak sanggup bangun sendiri.
  3. Menggunakan kata penghubung menyerupai contohnya , misalnya , bahkan , terlebih lagi , dan sebagainya. Kalimat ini memerlukan kata penghubung semoga kalimatnya berkesinambungan atau koherence.
Baca juga: pengertian-kalimat-utama-dan-kalimat" target="_blank">Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh , Struktur , Alur dan Tema)

Contoh Kalimat Utama dan Contoh Kalimat Penjelas

Untuk lebih memahami kalimat utama dan kalimat penjelas diatas , saya akan menyajikan beberapa pola kalimatnya. Berikut pola kalimat utama dan pola kalimat penjelas:

Paragraf 1
Demam berdarah adalah penyakit yang akan mengancam insan didunia. Diseluruh dunia berbagai masalah perkara penyakit demam berdarah ini. Kasus demam berdarah yang paling banyak berada di benua Asia , terutama benua Asia Timur dan Asia Selatan. Penyebab dari masalah ini diduga lantaran faktor curah hujan yang tinggi sehingga nyamuk dengue sanggup berkembang. Kemudian untuk peringkat kedua dan ketiga dalam masalah demam berdarah ditempati benua Australia dan benua Amerika. Kedua benua tersebut mempunyai prosentase masalah yang kecil lantaran iklim dan letak geografisnya yang susah dikembangi nyamuk dengue.

Paragraf diatas membahas wacana demam berdarah. Kita sanggup melihat pola kalimat utama dan pola kalimat penjelas dalam paragraf tersebut. Jika kita amati , paragraf tersebut mengandung kalimat utama yang terletak diawal paragraf. Maka dari itu paragraf diatas disebut paragraf deduktif. Berikut rincian jenis kalimatnya:
  1. Kalimat utama : "Demam berdarah adalah penyakit yang akan mengancam insan didunia."
  2. Kalimat penjelas : terdapat dalam kalimat ke 2 hingga kalimat ke 5.

Paragraf 2
Tingginya kolesterol dalam badan sanggup dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah banyaknya lemak yang terdapat didalam tubuh. Kolesterol yang menumpuk dalam badan akan menyumbat fatwa darah sehingga menimbulkan gangguan kerja jantung untuk memompa darah menuju seluruh tubuh. Dengan demikian , penyakit jantung koroner disebabkan oleh banyaknya kolesterol dalam tubuh.

Paragraf diatas membahas wacana ancaman kolesterol yang terdapat didalam tubuh. Kita sanggup melihat pola kalimat utama dan pola kalimat penjelas dalam paragraf tersebut. Jika kita amati , paragraf tersebut mengandung kalimat utama yang terletak diakhir paragraf. Maka dari itu paragraf diatas disebut paragraf induktif. Hal ini dikarenakan dalam paragraf diatas terdapat kata hubung "Dengan demikian". Berikut rincian jenis kalimatnya:
  1. Kalimat utama : "Dengan demikian , penyakit jantung koroner disebabkan oleh banyaknya kolesterol dalam tubuh."
  2. Kalimat penjelas : terdapat dalam kalimat ke 1 hingga kalimat ke 3.
Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian kalimat utama dan pengertian kalimat penjelas beserta pola kalimat utama dan pola kalimat penjelas. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Sumber https://ohninan.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar