Sabtu, 04 April 2009

Belajar XI: 12 Pola Kutipan Eksklusif Lebih Dari 4 Baris Terbaru

12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru - Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat istilah mengenai kutipan pribadi maupun tidak langsung. Apa itu kutipan langsung? Kutipan ialah pendapat dari seseorang yang dianggap terkenal , atau kalimat sumbangan yang diungkapkan oleh seseorang , baik dalam majalah ataupun dalam buku. Kutipan pendapat tersebut ditulis dengan anggapan bahwa hal tersebut benar serta diberikan penyebutan dimana pendapat tersebut dibaca. Maka dari itu pembaca sanggup mencocokkan pendapat tersebut dengan yang aslinya. Contoh kutipan pribadi tersebut bermacam-macam menyerupai pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris maupun pola kutipan pribadi kurang dari 4 baris.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat istilah mengenai kutipan pribadi maupun tida 12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru
contoh kutipan langsung
Meskipun kutipan pribadi tersebut berasal dari para andal namun dianggap kurang berarti apabila jenis tulisannya sama persis dengan aslinya. Dalam mengutip sebuah pendapat , penulis tidak diperkenankan untuk menyamakan tulisannya dengan keseluruhan pendapat yang disampaikan dalam buku. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris terbaru. Langsung saja sanggup anda simak di bawah ini.

12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru

Kutipan menurut jenisnya sanggup dibagi menjadi dua yaitu kutipan pribadi dan kutipan tidak langsung. Kutipan pribadi ialah sumbangan dari kalimat secara lengkap yang mencakup kalimat demi kalimat , kata demi kata dari teks aslinya. Sedangkan untuk kalimat tidak pribadi ialah pinjamn pendapat dari tokoh populer ataupun pengarang yang terdiri dari ikhtisar (inti sari) pendapat tersebut. Kedua jenis kutipan ini mempunyai perbedaan yang menjadi perhatian khusus. Hal ini dikarenakan bila dimasukkan ke dalam teks akan memperlihatkan konsekuensi yang berbeda. Untuk pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris dicatat ke dalam kartu dan tidak diharuskan memakai tanda kutip. Sedangkan untuk kutipan tidak pribadi penulisannya tidak diapit dengan tanda kutip. Tidak heran bila terdapat kesulitan bagi penulis dalam mengutip sebuah pendapat.
Baca juga : Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh , Struktur , Alur dan Tema)
Penulisan kutipan pribadi sanggup disusun dengan baik dan benar memakai cara cara yang benar. Dibawah ini terdapat beberapa cara menulis pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris :
  1. Dalam kutipan pribadi terdapat pemisah teks yang jaraknya 2 ,5 spasi.
  2. Jarak atara baris kutipan dengan baris lainnya ialah satu stapsi.
  3. Kutipan tersebut tidak diapit oleh tanpa kutip serta tidak diperbolehkan diapit.
  4. Seteah penulisan kutipan telah tamat maka diberikan nomor penunjuk sengan spasi setengah ke atas , atau diberikan nama singkat pengarang , nomor halaman daerah kutipan tersebut diambil dan tahun kutipan.
  5. Kutipan tersebut masukkan seluruhnya dengan jumlah kutipan 5-7 ketikan. Jika kutipan tersebut diawali dengan alinea gres maka didalamnya harus terdapat 5-7 ketikan lagi.
Dalam menulis pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris terkadang mengalami kesulitan menyerupai dalam kutipan aslinya terdapat kutipan kutipan lainnya. Maka dari itu anda sanggup memakai cara cara di bawah ini:
  1. Untuk kutipan aslinya memakai tanda kutip ganda ["..."] , sedangkan untuk kutipan yang terdapat didalamnya memakai tanda kutip tunggal ['...'] , atau bahkan sebaliknya.
  2. Untuk kutipan aslinya tidak memakai tanda kutip apapun dan untuk kutipan yang terdapat didalamnya sanggup memakai tanda kutip ganda.

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris

Dibawah ini terdapat beberapa pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris dengan memakai tanda kutip , tidak memakai tanda kutip , serta memakai dua jenis tanda kutip. Berikut ulasan selengkapnya:

Menggunakan Tanda Kutip
Di bawah ini terdapat pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris yang memakai tanda kutip:
Karya Ilmiah yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia mengalami ketidakpuasan alasannya ialah penerjemah kurang terlatih dan kurang mendalami ilmu penterjemahan (sebuah ilmu yang merupakan kedisiplinan ilmiah tersebut).
Contohnya terdapat penerjemahan buku ilmu pengetahuan yang populer diprawacanai dengan :

"Sebuah pikiran yang menyebar dikalangan banyak orang serta masyarakat luas dengan penggambaran buku buku sebagai benda yang tidak berjiwa , tidak efektif , serba tenang yang terdapat dalam daerah kelindungan kelindungan sejuk dan kedamaian yang berasal dari banyak biara dan universitas , bahkan juga berasal dari daerah pengasingan yang jauh dari dunia materalistik dan jahat ini" (Asrul Sani 1959 : 7)

Tidak Menggunakan Tanda Kutip
Di bawah ini terdapat pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris yang tidak memakai tanda kutip:

Karya Ilmiah yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia mengalami ketidakpuasan alasannya ialah penerjemah kurang terlatih dan kurang mendalami ilmu penterjemahan (sebuah ilmu yang merupakan kedisiplinan ilmiah tersebut).
Contohnya terdapat penerjemahan buku ilmu pengetahuan yang populer diprawacanai dengan :

Sebuah pikiran yang menyebar dikalangan banyak orang serta masyarakat luas dengan penggambaran buku buku sebagai benda yang tidak berjiwa , tidak efektif , serba tenang yang terdapat dalam daerah kelindungan kelindungan sejuk dan kedamaian yang berasal dari banyak biara dan universitas , bahkan juga berasal dari daerah pengasingan yang jauh dari dunia materalistik dan jahat ini (Asrul Sani 1959 : 7)

Menggunakan Dua Jenis Tanda Kutip
Di bawah ini terdapat pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris yang memakai dua jenis tanda kutip:

"Dramatik tercipta dari konflik (pertentangan); pertentangan dengan Tuhan dan Alam , dengan sesama manusia , dengan diri sendiri , dengan lingkungan. Pertentangan inilah mendatangkan alur atau plot (intrigue) dan lakon.
Namun apa bersama-sama sumber kontradiksi tersebut? Bagaimana sanggup timbul pertentangan? Sumber dari kontradiksi yang paling utama ialah berasal dari jiwa manusia. Tidak lain dan tidak bukan jiwa insan inilah yang menjadi logam berat yang bermuatan listrik. Apabila benda tersebut bertemu dengan benda listrik lainnya maka akan menyebabkan dramatik: 'sebelum handle ini kutarik dan elektron menjadi berloncatan dari tepi kutub menuju kutub ungu gelora panas dan bangis...'
Kaprikornus kunci utama sebuh dramatik ialah kejiwaan manusia , 'benda yang bermuatan listrik' , dengan voltase yang besarnya lebih dari seribu."

Demikianlah beberapa pola kutipan pribadi lebih dari 4 baris yang sanggup saya bagikan. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com/

Sumber https://ohninan.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar